Kalau Larangan Harus Dijauhi, Bila Itu Perintah, Laksanakanlah! Itu Saja Kok . . .
Home/Artikel / Kalau Larangan Harus Dijauhi, Bila Itu Perintah, Laksanakanlah! Itu Saja Kok . . .
Kalau Larangan Harus Dijauhi, Bila Itu Perintah, Laksanakanlah! Itu Saja Kok . . .

Apa yang aku larang untukmu, maka jauhilah. Dan apa yang aku perintahkan untukmu, maka kerjakanlah semampu kalian"
(Muttafaqun ‘Alaih)

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ صَخْر رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ : مَا نَهَيْتُكُمْ عَنْهُ فَاجْتَنِبُوْهُ، وَمَا أَمَرْتُكُمْ بِهِ فَأْتُوا مِنْهُ مَا اسْتَطَعْتُمْ، فَإِنَّمَا أَهْلَكَ الَّذِيْنَ مَنْ قَبْلَكُمْ كَثْرَةُ مَسَائِلِهِمْ وَاخْتِلاَفُهُمْ عَلَى أَنْبِيَائِهِمْ

Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu ia berkata, “Aku mendengar Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, “Apa yang aku larang untukmu, maka jauhilah, dan apa yang aku perintahkan untukmu, maka lakukanlah semampu kalian.
(Muttafaqun ‘Alaih)

Jangan sampai setiap kegiatan kita menjadikan kita melanggar apa-apa yang diperintahkan-Nya. Membuka aurat, berkholwat, tidak sholat dll.

Rasulullah ﷺ bersabda (yang artinya), “Betakwalah kepada Allah di mana pun engkau berada. Dan ikutilah kejelekan dengan kebaikan, niscaya kebaikan itu akan menghapusnya. Dan pergaulilah sesama manusia dengan akhlak mulia.”
(HR. At-Tirmidzi)

Kiat-Kiat Untuk Meraih Ketakwaan

  1. Melaksanakan perintah Allah Azza wa Jalla dan menjauhkan larangan-Nya.
  2. Perintah yang paling besar adalah tauhid (mentauhidkan Allah) dan larangan yang paling besar adalah syirik (mempersekutukan Allah).
  3. Bergaul dengan orang-orang yang shalih.
  4. Selalu merasa diawasi oleh Allah Azza wa Jalla .

Leave a Reply

Your email address will not be published.