KOK BERAT..?
Home/Artikel / KOK BERAT..?
KOK BERAT..?

Bulan ramadhan adalah bulan yang dilipat-gandakan amal.
Namun sebagian orang merasa berat untuk melaksanakan amal sholeh berupa puasa, sholat taraweh, membaca al qur’an dan lainnya.

Lalu apa penyebabnya..?

🌴🌴🌴
Allah Ta’ala berfirman:

۞ وَلَوْ اَرَادُوا الْخُرُوْجَ لَاَعَدُّوْا لَهٗ عُدَّةً وَّلٰكِنْ كَرِهَ اللّٰهُ انْۢبِعَاثَهُمْ فَثَبَّطَهُمْ وَقِيْلَ اقْعُدُوْا مَعَ الْقٰعِدِيْنَ (٤٦)

“Dan jika mereka mau berangkat, niscaya mereka menyiapkan persiapan untuk keberangkatan itu, tetapi Allah tidak menyukai keberangkatan mereka, maka Dia melemahkan keinginan mereka, dan dikatakan (kepada mereka), “Tinggallah kamu bersama orang-orang yang tinggal itu..” (Q.S. At-Taubah ayat 46)

🌴🌴🌴
Allah lemahkan keinginan mereka untuk keluar di jalan Allah akibat penyakit kemunafikan yang ada di hati mereka.
Demikianlah.. ketika hati diberatkan dengan dosa, maka ia akan berjalan tertatih-tatih menuju Allah.. bahkan terhenti akibat beratnya dosa yang ia tanggung.

🌴🌴🌴
Ibnul Qoyyim rohimahullah berkata :

وإذا ثقل الظهر بالأوزار منع القلب من السير إلى الله، والجوارح من النهوض في طاعته، وكيف يقطع مسافة السفر مثقلٌ بالحمل على ظهره؟
وكيف ينهض إلى الله قلب قد ثقلته الأوزار؟

“Apabila punggung diberatkan oleh dosa, akan mencegah hati untuk berjalan menuju Allah, dan mencegah badan untuk melakukan ketaatan..

Mungkinkah orang membawa beban yang amat berat dapat menyelesaikan perjalanannya..? Bagaimana akan kuat berjalan kepada Allah hati yang diberatkan oleh dosa-dosa..?”

(Bada’i Tafsir 3/223)

🌴🌴🌴
Maka apabila kita merasakan berat untuk melaksanakan ketaatan hendaklah memperbanyak taubat dan istighfar. Agar hati kembali bersih dan ringan dalam perjalanannya menuju Allah.

Ditulis oleh,
Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc حفظه الله تعالى

Leave a Reply

Your email address will not be published.